Manfaat dan Khasiat Kurma bagi Tubuh


Dibulan Ramadhan permintaan konsumen akan buah Kurma selalu meningkat tajam. Itu wajar karena buah Kurma diyakini memiliki banyak Khasiat bagi kesehatan tubuh dan demi menjaga stamina tubuh ketika menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya mengkonsumsi buah Kurma tidak harus pada waktu puasa saja, karena ternyata mengkonsumsi buah Kurma secara teratur setiap hari bisa menjaga
kesehatan dan stamina tubuh sobat. Ini beberapa khasiat buah Kurma bagi tubuh kita :
Khasiat buah kurma
  1. Kebiasaan orang Arab mengkonsumsi Kurma mengurangi kemungkinan terserang kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL(kolesterol buruk) dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), Kurma bermanfaat untuk memperlancar metabolisme sehingga pencernaan menjadi lancar dan mencegah konstipasi.
  4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  5. Kurma mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan bersifat antioksidan, sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  8. Kalsium yang terdapat didalam buah Kurma juga sangat penting bagi pertumbuhan gigi dan tulang..
  9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
Rincian kandungan gizi kurma (per 100 g)
(Sumber: USDA National Nutrient Database)
Unsur Nilai gizi Persen kecukupan gizi
Energi 277 Kkal 14%
Karbohidrat 74,97 g 58%
Protein 1,81g 3%
Total Lemak 0,15 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 6,7 g 18%
Asam Folat 15 mcg 4%
Niacin 1,610 mg 10%
Asam pantotenat 0,805 mg 16%
Piridoksin 0,249 mg 19%
Riboflavin 0,060 mg 4.5%
Thiamin 0,050 mg 4%
Vitamin A 149 IU 5%
Vitamin C 0 mg 0%
Vitamin K 2,7 mcg 2%
Sodium 1 mg 0%
Potasium 696 mg 16%
Kalsium 64 mg 6.5%
Tembaga 0,362 mg 40%
Besi 0,90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
Mangan 0,296 mg 13%
Fosfor 62 mg 9%
Seng 0,44 mg 4%
Beta karoten 89 mcg
Lutein-zeaxanthin 23 mcg

Nah, jika sudah tahu beberapa manfaat dari buah kurma(karena memang masih banyak lagi manfaat dari buah kurma) tunggu apalagi segera kreasikan buah kurma dalam masakan Kurma Sobat Kulinerkuser sekalian agar mengkonsumsi buah Kurmanya jadi lebih nikmat dan tidak bosan. Tubuh jadi sehat tapi lidah juga jadi ketagihan. Ini beberapa resep makanan yang berbahan Kurma. Semoga Info dan Resepnya bermanfaat Sobat...

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya yang membangun selalu saya tunggu. Terima Kasih Atas Kunjungan Sobat/Agan Kulinerkuser. . .

Baca Juga