Resep Memasak Dimsum Sederhana





Dimsum adalah salah satu Chantonese Food yang sedang populer dilidah masyarakat Indonesia sekarang ini. Teksturnya seperti siomay seukuran gigitan kita dan memiliki rasa yang nikmat, cocok sekali untuk makanan penutup, karena Dimsum di kebanyakan restoran disajikan dalam satu mangkuk kecil untuk satu porsi perorang. Selain itu ada dua cara memasak Dimsum, yaitu dikukus dan digoreng, saya akan share kepada sobat Kulinerkuser semua resep memasak Dimsum, baik yang dikukus maupun digoreng. Semoga resep ini bermanfaat dan jadi inspirasi bagi sobat Kulinerkuser semua. Jangan lupa baca juga Camilan Sehat Untuk Anak yang lain atau Menu Sehat Untuk Keluarga.

Bahan :

* 6 siung bawang putih, geprek cincang halus
* 10 sendok kecap asin (selera)
* 1 buah wortel yang kecil, cincang halus
* 1 cup jamur kancing, cincang halus
* 1 batang daun bawang iris tipis
* 1 sendok minyak wijen
* 1 sendok makan minyak sayur
* 2 cangkir air bersih
* 0,5 kg ikan tengiri fillet, blender halus
* 2 ons udang pacet, bersihkan sisakan     ekornya
* 20 buah kulit pangsit
* 1 butir telur
* 2 sendok makan tepung sagu
* merica selera


1. Tumis bawang putih dengan minyak sayur coklat hingga harum, masukan 1 cangkir air                                        bersih, 5 sendok kecap asin, minyak wijen, merica.
2. Setelah air mendidih masukan wortel dan jamurnya, aduk-aduk hingga matang.
3. Masukan daun bawang irisnya, aduk sebentar, matikan kompornya, biarkan dingin.
4. Campur tengiri blender, 1 cangkir air, tepung sagu dan tumisan tadi, dan kuning telur. Aduk     rata hingga menjadi adonan kalis. Jika kurang asin bisa ditambahkan kecap asinnya lagi.
5. Rendam udang pacet dikecap asin.

6. Untuk dimsum kukus : 
* Ambil kulit pangsit, potong menjadi bentuk bulat. Letakan satu sendok makan adonan tengah kulit pangsit, bentuk menjadi mawar. Letakan di kukusan.
* Ambil kulit pangsit, potong menjadi bentuk bulat. Isi dengan udang pacet, keluarkan ekornya, bentuk kuncung diseputar ekornya lalu ikat dengan kulit pangsit yang diiris tipis. Letakan di kukusan

7. Untuk dimsum goreng : 
* Ambil kulit pangsit, isi dengan 1 sendok teh adonan, bentuk seperti pangsit lem dengan putih telur. Goreng dengan sistem deep frying.
* Ambil kulit pangsit, lipatan salah satu ujungnya, letakan 0,5 sendok the adonan ditengahnya, ambil 1 udang pacet, letakan ekornya disisi kulit pangsit yang dilipat, bungkus menjadi segitiga berekor. Lem dengan putih telur. Goreng dengan sistem deep frying.

8. Setelah semua matang, angkat, sajikan dengan sambal botol(bisa dengan saus kesukaan sobat)

# Tips menyimpan : Untuk yang dikukus simpan setelah dikukus, saat sudah suhu ruang simpan di lemari pembeku untuk digunakan selama seminggu. Untuk yang digoreng simpan sebelum digoreng tahan 1 hari didalam chiller.

Untuk 24 porsi


0 comments:

Post a Comment

Komentarnya yang membangun selalu saya tunggu. Terima Kasih Atas Kunjungan Sobat/Agan Kulinerkuser. . .

Baca Juga